8 Tips Mudah Untuk Merencanakan Keuangan Bisnis

Di masa pandemi seperti ini, semua serba terbatas. Bahkan karena banyak ekonomi yang terdampak sehingga tidak sedikit orang yang di PHK dari tempat kerjanya maka banyak sekali orang yang pada akhirnya membuka bisnis atau usaha kecil-kecilan. Untuk memulai bisnis memang ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Kamu harus pandai untuk mengatur keuangan sehingga dapat menjalankan bisnis dengan matang.

Mungkin sebagian orang merasa kesulitan karena harus mengatur keuangan bisnis mereka. Padahal ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatur atau untuk manajemen keuangan kamu sehingga tidak salah langkah. Berikut ini adalah informasi mengenai 8 tips mudah untuk merencanakan keuangan bisnis. Penasaran kan bagaimana caranya? Simak info pentingnya di bawah ini ya!

1. Memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis

Selain menggunakan aplikasi untuk bisnis, hal pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa mendapatkan keuangan bisnis yang baik dan tertata adalah tentu saja kamu harus mulai memisahkan keuangan pribadi dan juga keuangan bisnis. Mungkin kamu baru saja membuka bisnis kecil-kecilan seperti olshop di instagram dan memanfaatkan sosial media dan juga marketplace untuk memasarkan bisnismu. Namun ada baiknya jika mulai saat ini kamu memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis.

Mungkin kebanyakan dari pemilik bisnis kecil memilih untuk menyatukan rekening bisnis mereka dengan rekening pribadi sehingga bisa langsung masuk ke keuangan mereka. Lebih baik kamu mulai saat ini memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnismu, sehingga kamu tahu bagaimana bisnismu itu berjalan. Apakah bisnismu berjalan dengan baik atau tidak? Jika perlu pisahkan juga rekening pribadi dan juga pisahkan rekening bisnismu sehingga kamu bisa memantaunya dengan baik.

2. Menghitung modal atau pengeluaran yang dibutuhkan

Tips kedua yang harus kamu perhatikan ketika kamu ingin bisa merencanakan keuangan bisnis dengan baik adalah kamu harus menghitung modal ataupun pengeluaran yang dibutuhkan bisnismu dengan jelas. Kami sarankan supaya kamu merinci apa saja yang kamu butuhkan supaya bisnismu bisa berjalan dengan baik, sebisa mungkin kamu buatlah list sejelas mungkin mengenai apa saja kebutuhanmu untuk bisnis itu.

Mulai dari bahan baku yang habis mungkin, kemudian beberapa biaya yang harus dikeluarkan pada periode ke depan sehingga kamu tahu berapa modal atau pengeluaran yang kamu butuhkan untuk bisa menjalankan bisnismu dengan baik. Kamu harus mencatatnya dengan rinci sehingga kamu tahu berapa besar yang kamu butuhkan.

3. Menghitung keuntungan atau laba dengan jelas

Hal ketiga yang harus kamu lakukan supaya kamu bisa mengelola keuangan bisnismu dengan baik adalah kamu harus juga menghitung keuntungan atau labamu dengan jelas sehingga kamu bisa tahu apakah bisnismu berjalan dengan baik atau tidak. Seperti yang kamu ketahui, bahwa laba atau keuntungan itu sendiri merupakan salah satu tujuan sebagai pemilik usaha. Namun pada prakteknya, masih banyak pengusaha atau pemilik bisnis yang belum bisa menghitung laba atau keuntungan bisnis mereka dengan benar.

Padahal menghitung yang benar sangatlah penting untuk tahu perkembangan bisnismu. Ketika kamu menghitung keuntungan, maka kamu harus mengetahui berapa biaya yang masuk dan juga berapa biaya yang keluar. Selain itu ketika kamu menghitung keuntungan, maka biasanya akan melibatkan uang tunai dan juga uang non tunai, jadi jangan sampai kamu salah melakukan perhitungan ya. Pastikan bahwa kamu juga menghitung biaya lainnya seperti biaya penyusutan, kemudian biaya pajak, dan biaya lain-lainnya sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan bersih dari bisnismu.

4. Gunakan laba untuk mengembangkan bisnismu

8 tips mudah untuk merencanakan keuangan bisnis yang keempat adalah dengan menggunakan laba atau keuntungan untuk mengembangkan bisnismu. Jangan menjadi pemilik bisnis yang cepat puas ketika bisnismu lancar dan menghasilkan keuntungan

Jika kamu ingin supaya bisnismu menghasilkan lebih banyak keuntungan maka kami menyarankan supaya mulai saat ini kamu memikirkan bagaimana cara supaya kamu bisa mengembangkan bisnismu dengan baik. Gunakanlah laba atau keuntungan bisnis untuk meningkatkan produk anda, membuat inovasi dalam bisnis sehingga lebih banyak lagi keuntungan atau laba yang bisa anda dapatkan.

5. Merencanakan budget bisnis dengan baik

Walau mungkin kelihatannya sedikit ribet, namun jika kamu adalah seorang pemilik bisnis maka yang harus kamu lakukan adalah bisa merencanakan budget bisnis dengan baik. Jika kamu ingin tahu berapa pemasukan dan berapa pengeluaran pada bisnsimu dengan baik maka kamu harus merencanakan budget bisnis dengan baik sejak saat ini.

Pastikan bahwa kamu mencatat setiap kebutuhan bisnismu, kemudian ketika kamu mengeluarkan uang untuk belanja maka catat semua pengeluaranmu sehingga kamu tahu kira-kira berapa laba bersih dan laba kotor dari bisnismu. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui juga jika misalnya kamu mengalami kerugian. Oleh karena itu mulai saat ini sebaiknya kamu merencanakan budget bisnis dengan baik ya. Kamu harus mencatat bagaimana budget kamu di buku khusus atau mungkin di catat di excel di laptop atau PC mu.

6. Membayar tagihan utang tepat waktu

Ketika membuka bisnis atau usaha baru, tidak sedikit dari orang-orang yang juga berhutang karena mungkin mereka membutuhkan modal tambahan untuk bisnisnya. Selain itu banyak juga orang-orang yang mungkin dalam membangun bisnisnya berhutang untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan untuk menunjang bisnis mereka seperti misalnya untuk membuka bisnis makanan atau minuman.

Maka mungkin ada yang dari kamu harus berhutang untuk membeli barang-barang elektronik. Jika memang kamu memiliki hutang untuk bisnis atau usaha kamu maka kami sarankan supaya kamu bisa membayar tagihan utang tersebut tepat waktu sehingga tidak akan menganggu keuangan bisnismu.

7. Selalu membuat inovasi baru

Hal ini sangat penting untuk bisa mengatur keuangan bisnis atau usahamu, ketika bisnis atau usahamu berjalan dengan lancar maka sebagai pemilik bisnis atau usaha kita tidak boleh merasa puas terlebih dahulu karena mungkin itu bisa saja hanya bertahan sebentar.

Oleh karena itu, kamu harus selalu membuat inovasi baru sehingga konsumen tertarik untuk membelinya. Kami sarankan, walau mungkin bisnismu saat ini sudah memiliki banyak pelanggan atau mungkin sekarang bisnismu berjalan dengan sepi, maka kami menyarankan supaya kamu mulai untuk memikirkan inovasi baru sehingga nantinya bisnis bisa berkembang lebih baik.

8. Melakukan investasi

Jangan puas dulu jika bisnismu sudah menghasilkan banyak keuntungan, jika kamu sudah punya keuntungan yang mulai besar maka hal yang harus kamu lakukan adalah kamu bisa melakukan investasi. Investasi ini bisa menjadi aset jangka panjang karena nantinya bisa berguna untuk anak cucu. Jadi sembari mengembangkan bisnis, kamu juga bisa berpikir bagaimana cara untuk mengembangkan bisnis dengan investasi.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai 8 tips mudah untuk merencanakan keuangan bisnis sehingga kamu yang punya bisnis bisa mulai merencanakan keuangan bisnismu dengan baik. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu semuanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *